Pertanyaan dan Bantuan

Berikut daftar pertanyaan yang sering ditanyakan.

Informasi Umum

Kriteria Daerah Penerima BPUP adalah sebagai berikut:

  1. Pintu Masuk Pembukaan Bandara Internasional
  2. 50% dari jumlah usaha pariwisata yang terdaftar dalam OSS  Tahun 2018 sampai Tahun 2020   yang meliputi 6 Usaha Pariwisata (Biro Perjalanan Wisata, Agen Perjalanan Wisata, Spa, Hotel Melati, Penyediaan Akomodasi Jangka Pendek Lainnya, dan Homestay) pada Kabupaten/Kota  dengan jumlah usaha pariwisata  terbanyak.

Verifikasi dan validasi proposal permohonan Bantuan Pemerintah bagi Usaha Pariwisata (BPUP) dimulai dari tanggal 15 November 2021 - 26 November 2021.

Waktu pendaftaran Program Bantuan Pemerintah bagi Usaha Pariwisata (BPUP) dibuka mulai tanggal 15 November 2021 - 26 November 2021.

Syarat untuk mengikuti Program BPUP Kemenparekraf/ Baparekraf, diantaranya:

  1. Termasuk dalam 6 jenis usaha pariwisata dalam KBLI diantaranya: 55120, 55130, 55199, 79111, 79120, dan 96122;
  2. Memiliki NIB tahun 2018 -2020 dari Lembaga Pengelola OSS;
  3. Penerima BPUP adalah skala usaha kecil dan menengah;
  4. Penerima BPUP adalah badan usaha/ badan hukum yang masih aktif, namun beroperasi di bawah kapasitasnya selama pandemi Covid-19;
  5. Badan Usaha/Badan Hukum calon penerima tidak sedang menerima program bantuan pemerintah di Kemenparekraf/Baparekraf;
  6. Termasuk dalam Kabupaten/ Kota penerima program Bantuan Pemerintah untuk Usaha Pariwisata.

Jenis usaha yang dapat melakukan pendaftaran BPUP Tahun 2021 diantaranya terdapat 6 (enam) jenis usaha pariwisata yaitu Hotel Melati, Homestay/Pondok Wisata, Penyediaan Akomodasi Jangka Pendek Lainnya, Aktivitas Agen Perjalanan Wisata, Aktivitas Biro Perjalanan Wisata, dan SPA.

Lihat daftar lengkapnya disini.

Bantuan Pemerintah untuk Usaha Pariwisata (BPUP) adalah bantuan pemerintah dalam rangka reaktivasi usaha yang diberikan kepada usaha pariwisata yang masih aktif, namun beroperasi di bawah kapasitasnya selama pandemi Covid-19 dan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Pendaftaran Perusahaan

Bila Anda belum merasa mendaftarkan NIB yang dimiliki, namun NIB Anda telah terdaftar pada Aplikasi BPUP Kemenparekraf/ Baparekraf silahkan menghubungi Pihak Admin Kemenparekraf/ Baparekraf melalui "Hubungi Kami" yang tersedia pada Menu Bantuan untuk dilakukan pengecekan dan validasi.

Untuk melakukan pendaftaran kedalam Aplikasi BPUP Kemenparekraf/ Baparekraf adalah dengan mengisikan NIB pada Halaman Utama untuk selanjutkan sistem melakukan sinkronisasi kedalam database. Bila nomor NIB terdaftar pada OSS (Online Single Submission) Kementerian Investasi/BKPM tahun 2018 sampai dengan tahun 2020, maka pendaftar akan diarahkan untuk melakukan pendaftaran Akun pada Aplikasi BPUP Kemenparekraf/ Baparekraf.

Proses Permohonan

Untuk dapat melakukan Login Kedalam Aplikasi BPUP Kemenparekraf/ Baparekraf terlebih dahulu melakukan aktivasi Akun melalui Email yang telah dikirimkan.

Untuk mengetahui proses permohonan Anda di Aplikasi BPUP Kemenparekraf/ Baparekraf bisa dengan Klik "Foto Profile Anda" pada bagian kanan atas, kemudian Klik Menu "Profile". Pada Halaman tersebut akan menampilkan persentase dari proses kelengkapan data Anda dalam pengajuan pada Program BPUP Kemenparekraf/ Baparekraf.